Berita 27 Tewas Terinjak-injak saat Festival Keagamaan Hindu di India

by


Jakarta, Pahami.id

Setidaknya 27 orang tewas dalam terinjak-injak saat festival Hindu di negara bagian utara Uttar Pradesh India pada Selasa (2/7).

AFP melaporkan bahwa insiden fatal sering terjadi di tempat ibadah selama festival keagamaan di India yang dihadiri jutaan orang.


Insiden itu kembali terjadi di Kota Hathras, sekitar 140 kilometer tenggara New Delhi saat upacara keagamaan dipimpin oleh seorang pemimpin agama.

“Sejauh ini kami telah menemukan 27 jenazah,” kata petugas kesehatan negara bagian Uttar Pradesh, Ram Mohan, kepada AFP AFP.

“Sangat sulit untuk memastikan jumlah (orang yang tewas) karena jenazah masih dalam perjalanan. Kami juga belum memiliki rincian jumlah korban luka,” tambah Mohan.

Sejumlah saksi mata dan media lokal memberitakan, korban terinjak saat peserta berbondong-bondong meninggalkan upacara hari raya keagamaan.

“Ketika upacara selesai, semua orang mulai bubar,” kata saksi mata Shakuntala kepada kantor berita Press Trust of India.

“Masyarakat terjatuh ke dalam parit di pinggir jalan. Mereka mulai berjatuhan dan menimpa warga yang sudah terlanjur terjatuh,” imbuhnya.

Kepala kesehatan setempat Umesh Kumar Tripathi mengatakan sebagian besar korban meninggal adalah perempuan.

(tim/bac)