Berita 2 Alasan Hamas Ubah Taktik Lebih Canggih Lawan Agresi Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Kelompok perlawanan Hamas Konon, mereka kini semakin “gila” melancarkan berbagai taktik untuk menghadapi terorisme Israel di dalam Gaza.

Institut Studi Perang (ISW) mengatakan pejuang Hamas terus merancang taktik yang lebih canggih, menargetkan pasukan Israel di seluruh Jalur Gaza setelah gencatan senjata berakhir.


Lalu perubahan taktik apa yang kini dilakukan Hamas dalam menghadapi kekuatan Zionis?

Operasi Pertahanan

Proyek Ancaman Kritis (CTP) di Institut Studi Perang (ISW) mengatakan Hamas dan milisi Palestina lainnya telah beralih dari menghentikan operasi menjadi pertahanan diri yang bertujuan melemahkan dan mengurangi keinginan Israel untuk melanjutkan operasi darat ke Jalur Gaza.

Pada 14 November, atau lebih dari sebulan setelah invasi Israel ke Gaza, CTP-ISW menilai Hamas dan milisi Palestina lainnya sedang melakukan operasi penundaan di Gaza utara.

“Hamas kemungkinan besar berusaha menghindari kekalahan, dengan mempersiapkan ‘perang panjang’ yang diharapkan Hamas akan memaksa Israel menyetujui gencatan senjata permanen,” kata laporan hipotetis ISW.

Penundaan operasi ini juga dimaksudkan untuk memberikan waktu bagi Hamas untuk memindahkan pemimpin dan peralatan militer lainnya dari utara ke selatan Gaza.

“Pergeseran taktik ini menunjukkan bahwa Hamas dan milisi Palestina lainnya sedang bersiap untuk berkomitmen kuat mempertahankan diri dari operasi darat Israel,” lanjut laporan itu.

Taktik Baru

Selain beralih dari penundaan ke pertahanan, Hamas juga disebut-sebut akan menggunakan taktik baru di Jalur Gaza.

Laporan ISW ​​mengatakan Hamas dan kelompok lain menggunakan taktik baru berdasarkan pembelajaran selama dua bulan pertempuran di Gaza.

Salah satunya ketika tentara Israel tidak menggunakan jalan utama saat maju ke Gaza, melainkan memilih membuat jalur pergerakan baru.

Hamas diduga belajar bagaimana melawan pendekatan Israel terhadap Jalur Gaza dengan lebih efektif.

Perubahan taktik Hamas ini konon dimulai sejak gencatan senjata sementara berakhir pada 1 Desember.

Kelompok ini diduga menggunakan bahan peledak penetran (EFP) sebanyak lima kali, sejak 1 Desember.

Alexandre Vautravers, pakar keamanan di Institute for Global Studies Universitas Jenewa, mengungkapkan bahwa dari tiga jenis EFP yang digunakan saat ini, yang paling umum adalah meledakkan dan meluncurkan pecahan baja ke segala arah sehingga menimbulkan efek mematikan dalam radius tertentu. dari 10-40 meter.

Selain itu, analisis ISW menyebutkan bahwa milisi Hamas fokus melakukan serangan yang menyasar pasukan Israel di belakang barisan depan mereka. Strategi ini disebut strategi pembersihan atau operasi pembersihan.

(Dna)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);