Berita 14 Jemaah Haji Yordania Meninggal Akibat Panas Ekstrem, 17 Hilang

by


Jakarta, Pahami.id

Setidaknya 14 jemaah haji dari Yordania meninggal sebagai akibatnya sangat panas saat menunaikan ibadah haji di Arab Saudi.

Kementerian Luar Negeri Yordania melaporkan 14 jemaah meninggal dunia setelah terkena sengatan matahari akibat gelombang panas ekstrem.

Kementerian Luar Negeri Yordania juga telah berkoordinasi dengan otoritas Saudi untuk mengembalikan jenazah ke Yordania atau menguburkannya di Arab Saudi.


“Empat belas jemaah Yordania tewas dan 17 lainnya hilang,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Yordania, seperti dikutip PenjagaSenin (17/6).

Selain puluhan jamaah asal Yordania, lima jamaah asal Iran juga dilaporkan tewas.

“Lima jamaah haji Iran meninggal di Mekah dan Madinah saat menunaikan haji tahun ini,” kata Kepala Bulan Sabit Merah Iran, Pir Hossein Kolivand.

Namun Kolivand tidak menjelaskan penyebab meninggalnya kelima jemaah tersebut.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi, Mohammed Al-Abdulaali mengatakan, lebih dari 2.760 jamaah pada Minggu (16/6) mengalami sengatan matahari dan panas ekstrem.

Pasalnya, suhu di Mekkah tercatat mencapai 47 derajat Celcius. Suhu ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga Senin (17/6).

Sejauh ini belum ada laporan dari otoritas Arab Saudi mengenai kematian tersebut.

Pemerintah terus menerapkan langkah-langkah mitigasi seperti mendistribusikan air dan mengimbau jamaah untuk menghindari berada di luar ruangan pada jam-jam terpanas antara pukul 11.00 hingga 15.00 waktu setempat.

Kebanyakan haji dilakukan di luar ruangan dan berjalan kaki. Situasi ini, ditambah dengan cuaca panas ekstrem di Arab Saudi, menjadi tantangan tersendiri bagi jamaah haji, khususnya kalangan lanjut usia (lansia).

Selama 30 tahun terakhir, ratusan kematian terjadi selama musim haji. Penyebabnya antara lain berdesak-desakan, kebakaran tenda, panas dan faktor lainnya.

Tahun lalu, setidaknya 240 orang meninggal saat menunaikan ibadah haji. Kebanyakan dari mereka berasal dari Indonesia.

Lebih dari 1,8 juta orang menunaikan ibadah haji tahun ini. Ziarah ini akan berakhir pada Rabu (19/6).

(nomor/alamat)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);