Berita 10 Pamen dan 3 Pati Terima Tanda Kehormatan dari Jokowi di HUT 79 TNI

by


Jakarta, Pahami.id

Sebanyak itu tiga pejabat tinggi dan 10 pejabat menengah menerima tanda kehormatan pada peringatan HUT TNI ke-79 yang digelar di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (5/10).

Sebanyak tiga petugas menerima Bintang Yudha Dharma Nugraha. Mereka adalah Mayjen TNI Deddy Suryadi (Pangdam IV/Dip), Laksamana Muda TNI Yoos Suryono (Pangkoarmada 1), dan Marsekal TNI Deni Hasoloan S (Kaskosabwilhan III).

Presiden Joko Widodo yang hadir pada peringatan tersebut memberikan penghormatan langsung kepada ketiganya.


Bintang Yudha Dharma merupakan tanda penghormatan yang diberikan pemerintah untuk menghargai jasa seseorang yang benar-benar dirasakan manfaatnya bagi bangsa dan negara. Bintang ini secara resmi ditunjuk pada tahun 1971.

Bintang Yudha Dharma setingkat di atas Bintang Bhayangkara, Bintang Kartika Eka Paksi, Bintang Jalasena, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa.


Selain Bintang Yudha Dharma, total 10 perwira menengah juga mendapat kehormatan lain yakni Samkayanugraha.

Samkaryanugraha merupakan tanda penghormatan yang diberikan kepada satuan TNI yang telah berjasa dalam pembangunan dan operasi militer untuk membela bangsa dan negara. Lencana kehormatan ini sudah ada sejak tahun 1968.

Dalam kesempatan itu, yang menerimanya adalah Kolonel Inf Irfan Amir (Dangrup 1 Kopassus), Letkol Inf Yakhya Wisnu Arianto (Danyonif 501/Bajra Yudha/18/2/Kostrad), Letkol Inf Irawan Setya Kusuma (Dandim 1714/Puncak Jaya Korem 173 /Praja Vira Braja Kodam (Wakil Komandan Satuan Kapal Bantu KRI Bima Suci 945 Koarmada II).

Lalu ada Letkol (Mar) Sandy Varikta (Panglima Batalyon Intai Amfibi Laut 2), Pas Kolonel Ruly Arifian (Dansat Bravo 90 Kopasgat), Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astana (Panglima Skuadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma), dan Letkol Pnb Septi Arun Dwi Saputra (Komandan Skuadron 17 Halim Perdanakusuma).

(melalui/harapan)