Agen Mossad terkenal meninggal – BBC News Indonesia – Berita Dunia

by

September Hitam

sumber gambar, AP

keterangan,

Salah satu operasi yang dirancang Hariri adalah memburu anggota Black September.

Salah satu mata-mata Israel yang paling terkenal, yang mendalangi operasi besar termasuk pembunuhan aktivis Palestina di luar negeri, telah meninggal dunia.

Salah satu misi yang dirancang oleh Mike Harari, 87, adalah memburu militan Palestina yang dituduh Israel membunuh sejumlah atlet Israel di Olimpiade Munich 1972.

Agen Mossad juga memainkan peran penting ketika pasukan komando Israel melancarkan operasi penyelamatan sandera di Entebbe, Uganda, pada tahun 1976.

Pada tahun 1998 dia didakwa di Norwegia dengan pembunuhan target yang salah.

Kaos tersebut pada tahun 1973 yang diduga agen Mossad menembak mati seorang pelayan restoran di Lillehammer. Korban dianggap sebagai salah satu arsitek serangan Olimpiade padahal bukan.

Pembunuhan itu adalah bagian dari operasi yang disebut Wrath of God, yang melihat anggota Black September diburu di seluruh Eropa selama hampir setahun.

Kelompok tersebut membunuh dua atlet Israel di Desa Olimpiade di Munich, dan sembilan atlet sandera juga tewas dalam baku tembak antara militan dan polisi Jerman di Barat, saat kelompok tersebut mencoba mengeluarkan para sandera dari Jerman.

Mike Harani lahir pada tahun 1927 di dekat Tel Aviv dan mengajukan pengunduran dirinya menyusul pembunuhan yang ditargetkan di Lillehammer, tetapi ditolak oleh Perdana Menteri Israel Golda Meir.

Harani terus menjadi agen Mossad dalam berbagai operasi rahasia hingga pensiun pada 1980.