Candi Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Tahukah kamu kalau Candi Borobudur dan Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno? Kedua candi terbesar di Indonesia tersebut merupakan peninggalan kerajaan bercorak Hindu-Buddha di daerah Jawa Tengah, yaitu Kerajaan Mataram Kuno. 

Kerajaan Mataram Kuno berdiri pada tahun 732 Masehi dan berlokasi ini Bhumi Mataram, yang saat ini menjadi wilayah Yogyakarta. Selain dengan nama Mataram Kuno, kerajaan ini juga bisa kita kenal dengan sebutan Kerajaan Medang.

Ada banyak peninggalan kerajaan dengan corak Hindu-Buddha yang satu ini. Salah satu bentuk peninggalannya yaitu candi. Lalu, ada apa saja sih, candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini? Yuk, langsung simak penjelasan berikut ini.

Candi Borobudur

Yang pertama adalah Candi Borobudur. Kamu tahu tidak sih, kalau Candi Borobudur bukan hanya merupakan candi bercorak Buddha terbesar di Indonesia, tetapi juga di dunia, lho! Candi ini termasuk ke dalam Situs Warisan Budaya UNESCO, dan bahkan pernah termasuk ke dalam 7 keajaiban dunia. 

Bentuk candi ini berupa barisan melingkar 3 tingkat stupa yang di dalamnya terdapat arca Buddha. Ketiga tingkatan ini menggambarkan 3 ranah kosmologi Buddha, yaitu Kamadhatu (hawa nafsu), Rupadhatu (berwujud), dan Arupadhatu (tidak berwujud). Dari atas, candi ini berbentuk seperti mandala.

Candi yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini merupakan peninggalan Dinasti Syailendra.

Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, ada satu candi di Indonesia lainnya yang juga termasuk ke dalam Situs Warisan Budaya UNESCO, yaitu Candi Prambanan. Candi Prambanan atau yang dapat kita kenal juga dengan sebutan Candi Roro Jonggrang dari kisah legenda ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. 

Bentuk candi ini berupa bangungan besar dan tinggi dengan bagian atas yang mengerucut. Dengan bentuknya yang tinggi megah tersebut, candi ini menjadi salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Candi ini terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Mendut

Selanjutnya, candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang ketiga adalah Candi Mendut. Letak Candi Mendut tidak jauh dari Candi Borobudur, yaitu hanya berjarak sekitar 3 km saja. Candi ini merupakan candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno dari masa Wangsa Syailendra. Candi Mendut ini lebih tua daripada Candi Borobudur. Pembangunannya berlangsung pada sekitar tahun 824 Masehi.

Candi Pawon

Setelah itu, ada Candi Pawon. Lokasi Candi Pawon berada di antara Candi Borobudur dan Candi Mendut. Ketiga candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini terletak sejajar dalam satu garis. Pada masa pemerintahan Raja Indra, candi ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan senjata.

Nah, itulah beberapa candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Selain beberapa candi di atas, ada candi Kerajaan Mataram Kuno lainnya, yaitu Candi Arjuna, Sewu, Srikandi, Arjuna, Kalasan, dan masih banyak lagi.