Thomas Doll Bongkar Borok Wasit BRI Liga 1, Bandingkan dengan Eropa dan Jerman – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll membongkar borok wasit BRI Liga 1. Dia mengakui para pengadil di Liga Indonesia sulit diajak diskusi.

Juru taktik asal Jerman itu menjelaskan bahwa dia dan beberapa pelatih asing BRI Liga 1 punya rencana untuk melakukan diskusi dengan para wasit.

Namun, wacana ini belum terlaksana lantaran para pengadil lapangan dinilai Thomas Doll belum bersikap terbuka alias enggan menanggapi tawaran diskusi.

Permasalahan wasit memang masih menjadi sorotan dari setiap musimnya. Hal ini turut dirasakan seluruh pelatih tidak terkecuali Thomas Doll.

Juru taktik asal Jerman itu pun membandingkan dengan apa yang terjadi di Eropa. Doll mengatakan ada keterbukaan antarwasit dan pihak-pihak terkait.

Ekspresi pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll selama pertandingan pekan pertama BRI Liga 1 2023-2024 antara Persija vs PSM Makassar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (3/7/2023) malam WIB. [Liga Indonesia Baru]

“Saya juga sempat berdiskusi dengan para pelatih asing di klub lain di Liga 1, mereka sepakat dengan apa yang saya rasakan,” kata Thomas Doll dalam konferensi pers, Selasa (8/8/2023).

“Di Eropa, Jerman, sangat berbeda situasinya. Di sana semua lebih baik karena mereka mau saling berdiskusi, wasit dan juga dengan elemen-elemen di klub,” sambungnya.

Thomas Doll mengatakan dengan adanya diskusi tentu akan saling memahami satu sama lain. Ia juga tahu pekerjaan wasit tidak mudah.

Eks pelatih Borussia Dortmund itu mengatakan para pelatih ingin mendengar pandangan wasit. Dari sana, katanya, tentu akan diketahui serta dicari jalan keluar terkait permasalahan yang ada.

“Kami para pelatih ingin diskusi yang lebih sehat dengan para wasit, duduk satu meja bersama, dan saling memahami satu sama lain,” kata pelatih asal Jerman itu.