Profil Suwon FC Klub Baru Pratama Arhan di Korea Selatan – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan resmi bergabung dengan klub papan atas Liga Korea Selatan, Suwon FC pada Selasa (16/1/2024). Suwon FC mengumumkan kedatangan Arhan melalui unggahan Instagram di akun resmi klub. “Suatu kehormatan bisa bersama Arhan! Selamat datang di Suwon FC!” tulis Suwon FC.

Diketahui, Arhan bergabung setelah tak mendapat perpanjangan kontrak dengan klub asal Jepang, Tokyo Verdy. Simak profil Suwon FC berikut, klub baru Pratama Arhan.

Profil Suwon FC

Suwon FC

Suwon FC merupakan klub asal kota Suwon, Korea Selatan yang berada di provinsi Gyeonggi dan juga bertetangga dengan Seoul. Klub ini didirikan pada tahun 2003 dan memulai perjalanannya dengan berkompetisi di Liga Nasional Korea sebagai klub semi-profesional.

Kota Suwon, tempat Suwon FC bermarkas, memiliki klub yang lebih terkenal dan sukses, Suwon Samsung Bluewings. Suwon FC awalnya didirikan oleh pemerintah Suwon sebagai wadah untuk mengembangkan bakat-bakat muda sebelum bergabung dengan Suwon Bluewings.

Suwon FC kemudian menjadi klub profesional pada tahun 2012 dan melamar sebagai peserta liga. Mereka bergabung dengan K-League 2 pada tahun 2013 dan menempati posisi keempat di musim debut mereka. Hal ini menjadikan Suwon FC sebagai satu-satunya tim kasta kedua yang mampu mencapai babak semifinal Piala FA Korea.

Setelah tiga musim, Suwon FC dipromosikan ke papan atas setelah menang 3-0 atas Busan IPark meskipun mereka langsung terdegradasi. Klub ini kembali ke papan atas pada tahun 2020 setelah menjadi runner-up divisi dua Korea Selatan dan menjadi peserta Liga K1 sejak saat itu.

Suwon juga berhasil menjuarai Kejuaraan Liga Nasional Korea sebanyak tiga kali, piala domestik klub semi-profesional yang berlangsung antara tahun 2004-2019. Suwon FC yang saat itu masih bernama Suwon City memiliki gelar juara terbanyak (3) bersama tiga klub lainnya.

Pada musim 2022, Suwon FC menarik perhatian karena merekrut Shin Jae Won yang merupakan anak dari pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong. Namun kini Shin Jae Won telah pindah ke klub K-2 League, Seongnam FC. Musim ini, Suwon FC dilatih oleh Kim Eun Jung, mantan pelatih timnas U-20 Korea Selatan yang berhasil mencapai babak semifinal Piala Dunia U-20 2023.

Sedangkan logo Suwon FC menggambarkan motif simbolis janganmun dan paldalmun dari Benteng Hwaseong yang melambangkan Kota Suwon. Empat garis biru tua melambangkan empat distrik kota Suwon, Gwonseon-jangan-Padal-Yeongtong sedangkan tiga garis merah melambangkan persatuan antara klub, fans dan bisnis lokal.

Di Suwon FC, Arhan akan bermain bersama pemain sayap kiri Lee Seung-woo, yang menjadi pencetak gol terbanyak klub dalam dua pertandingan terakhir. Lee adalah pemain muda yang menjadi terkenal di Danone Cup of Nations 2010 dan bergabung dengan akademi Barcelona.

Lee juga mendapat julukan “Messi dari Korea” saat berada di La Masia. Dia sempat bermain untuk tim B Barcelona tetapi pindah ke Hellas Verona sebelum melakukan debutnya di tim utama Barca.

Selain itu, Lee juga memperkuat timnas Korea Selatan pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Ia mencetak gol di babak 16 besar melawan Iran, semifinal melawan Vietnam, dan di final melawan Jepang untuk merebut medali emas.

Biodata Suwon FC

Nama Lengkap: Klub Sepak Bola Suwon
Didirikan: 15 Maret 2003
Pangkalan: Kota Suwon
Stadion: Stadion Suwon
Kapasitas: 11.808 kursi
Divisi: Liga K 1
Pelatih: Kim Eun Jung
Pertunjukan:
– Juara Liga Nasional (Semi-Profesional-2010)
– Juara Piala Liga Nasional (Semi-Profesional-2005, 2007, 2012
– Juara Festival Olahraga Gyeonggido (Semi-Profesional-2003, 2004, 2005, 2006, 2007, 2008, 2011, 2012)
– Juara Piala Presiden (Semi Profesional-2004, 2007)

Kontributor: Trias Rohmadoni