Park Hang-seo Bongkar Alasan Vietnam Suka Naturalisasi Pemain Berposisi Kiper – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Tak mau ketinggalan dengan Timnas Indonesia, Vietnam juga dikenal sebagai tim yang gemar naturalisasi. Menariknya, mereka lebih banyak menaturalisasi pemain di posisi kiper.

Terkait kondisi tersebut, mantan pelatih Park Hang-seo buka-bukaan alasan Vietnam gemar melakukan naturalisasi kiper. Salah satunya karena minimnya informasi mengenai garis keturunan pemain yang tersebar di luar Vietnam.

“Asosiasi Sepak Bola Vietnam tidak memiliki banyak informasi tentang pemain luar negeri,” kata Park Hang-seo, dikutip The Thao 247.

“Saya hanya punya informasi tentang kipernya,” tambahnya.

Vietnam diketahui sudah dua kali melakukan naturalisasi pemain di posisi penjaga gawang. Yang pertama adalah Dang Van Lam yang dinaturalisasi sekitar tahun 2015-2016.

Dang Van Lam adalah pemain kelahiran Rusia. Penjaga gawang berusia 30 tahun itu tercatat bermain untuk klub Jepang Cerezo Osaka pada 2021, kemudian pindah ke klub Vietnam Binh Dinh FC.

Terbaru, Vietnam sukses menaturalisasi kiper Slovakia Filip Nguyen. Ia diproyeksikan membela Vietnam di Piala Asia 2023.

Sedangkan timnas Indonesia lebih beragam. Selama ini pemain natural tersebut bermain di banyak posisi, namun dominan di lini pertahanan.