Kans Timnas Indonesia U-17 ke Fase Gugur Menipis usai Dihabisi Maroko, Bima Sakti: Salah Saya – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Timnas U-17 Indonesia harus menderita kekalahan 1-3 dari Maroko pada laga terakhir Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (16/11/2023). Kekalahan ini memperkecil peluang tim Merah Putih untuk lolos ke babak 16 besar.

Tiga gol Maroko dicetak Anas Alaoui (29′), Abdelhamid Eit Boudlal (39′), dan Mohamed Hamony (64′). Sedangkan satu-satunya gol Timnas Indonesia U-17 merupakan hasil tendangan bebas Nabil Ashura (42′).

Arkhan Kaka tertunduk putus asa, setelah mengetahui timnya kalah dari Timnas U17 Maroko. [SuaraJatim/Dimas Angga]

Pelatih Timnas U-17 Indonesia, Bima Sakti, meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas kegagalan timnya meraih poin pada laga kali ini. Pasalnya, kekalahan tersebut membuat Indonesia kesulitan lolos ke babak 16 besar.

“Para pemain telah bekerja keras, para pemain telah berusaha. Kami harus mengakui bahwa Maroko memang bermain lebih baik dari kami. “Tidak ada pemain yang salah di sini, semua kesalahan ada di saya,” kata Bima usai pertandingan.

Dari segi permainan, Timnas U-17 Indonesia kalah jauh dari Maroko yang tampil agresif. Maroko mencatatkan 26 tembakan dengan 10 di antaranya tepat sasaran.

Sementara Garuda Asia –julukan Timnas U-17 Indonesia– baru melepaskan dua tembakan ke gawang. Meski demikian, Bima Sakti memastikan anak-anak asuhannya telah bekerja keras.

“Upaya yang kami lakukan, para pemain pasti bekerja keras. Semoga momentum Piala Dunia ini kedepannya bisa lebih baik lagi. “Masih banyak yang harus kami tingkatkan,” tambah Bima Sakti.

Hasil ini memastikan Maroko mendapat satu tempat di babak 16 besar. Mereka finis di puncak klasemen alias juara Grup A dengan enam poin dari tiga pertandingan.

Maroko menjadi yang teratas saat Ekuador bertahan, finis di posisi runner-up. Ekuador bermain imbang 1-1 dengan Panama dalam laga di Stadion Manahan, Solo, di waktu bersamaan.

Sedangkan Timnas U-17 Indonesia berada di peringkat ketiga dengan dua poin. Untuk saat ini Indonesia masih berpeluang menembus 16 besar meski sulit.

Pasalnya Garuda Muda masuk dalam empat tim terbaik di peringkat ketiga. Namun kans Indonesia tampil di babak 16 besar masih bergantung pada hasil laga terakhir antara Korea Selatan (0 poin) di Grup E dan Meksiko (1 poin) di Grup F.

Korea Selatan akan bertemu Burkina Faso, sementara Meksiko melawan Selandia Baru di pertandingan terakhir grup.