Erick Thohir Ingin Kualitas Wasit PSSI di Level Tinggi – Berita Hiburan

by

Pahami.id – General Manager Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan pihaknya akan terus berupaya memastikan kualitas wasit PSSI berada pada level teratas dalam memimpin seluruh kompetisi liga yang berlangsung di Tanah Air.

Saya sudah sampaikan, alasan saya memimpin komite wasit tidak lain adalah agar kualitas korps yang menjadi fokus ini semakin baik setiap saat, kata Erick dalam keterangan tertulisnya, Selasa, seperti dikutip Antara.

Menurut Erick, peningkatan kualitas kompetisi liga, baik liga 1 maupun liga 2, perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas kepemimpinan wasit di lapangan hijau agar kompetisi dapat berjalan bersih, adil, dan sesuai aturan. dari permainan yang digunakan.

Demikian disampaikan Erick Thohir menyambut baik lokakarya evaluasi wasit tahun 2023 yang merupakan kerja sama PSSI, FIFA, dan Japan Football Association (JFA) yang digelar di Surabaya, 4-7 September 2023.

Sebelumnya, PSSI dan JFA telah menjalin kerja sama konkrit di bidang lapangan dengan menggelar seleksi wasit, kursus, dan workshop Liga 1 dan 2 musim 2023/2024.

“Sebelumnya kami mengadakan seleksi wasit, kursus dan workshop yang melibatkan JFA, sehingga kali ini para penilai kinerja wasit yang sudah terdidik juga perlu menambah ilmunya. Dengan melibatkan FIFA dan juga JFA, saya optimistis upaya “Memulihkan citra wasit kita yang masih dianggap remeh” akan berhasil, jelas Erick Thohir.

Pelatihan wasit yang diikuti oleh 25 peserta ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai metode dan mekanisme evaluasi wasit, pelatihan wasit bagi asisten wasit Liga 1, sosialisasi hukum permainan (LOTG), komite wasit dengan Klub Liga 1 dan Liga 2, kursus dan instruktur penyegaran energi, serta pemilihan wasit CI dan CII Putra dan Putri U-25.

Peserta evaluasi wasit telah lolos seleksi yang diadakan PSSI pada Juli lalu. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para evaluator wasit berperan penting dalam meningkatkan kualitas, kepemimpinan dan meminimalisir kesalahan wasit dan asisten wasit.

Latihan evaluasi wasit menitikberatkan pada dua hal utama yaitu evaluasi dan analisis evaluasi kinerja wasit dan asisten wasit di Liga 1 hingga pekan ke-11. Mereka pun siap mengevaluasi wasit yang akan bertugas di Liga 2 2023-2024.

Dalam program ini, PSSI mendatangkan instruktur FIFA, Mohamad Rodzali dari Malaysia. Sementara untuk kegiatan pembinaan wasit lainnya, PSSI juga melibatkan Yoshimi Ogawa yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Wasit PSSI dan satu lagi instruktur FIFA asal Malaysia, Subkhiddin.