AFC Kembali Soroti Duel Timnas Indonesia vs Vietnam, Puji Golden Star Warriors – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kembali menyoroti duel Timnas Indonesia vs Vietnam yang tersaji pada laga hari kedua Grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024) malam WIB.

Laga Timnas Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Ini merupakan pertemuan pertama dua wakil ASEAN di Piala Asia.

Jelang laga bertajuk Derby Asia Tenggara, AFC kembali memberikan highlight termasuk pujian dan prediksi pertandingan tersebut.

Baca juga: Media Vietnam Lempar Psywar: Timnas Indonesia Tak Setingkat Piala Asia, Besok Ambil Koper dari Qatar!

Sebelumnya, dua hari jelang kick-off Piala Asia 2023, AFC memasukkan laga Indonesia vs Vietnam sebagai salah satu laga menarik di turnamen ini.

Dalam survei terbaru, AFC memuji Vietnam yang dinilai tampil impresif saat mengalahkan Jepang pada laga pertama Grup D, Minggu (14/1/2024).

Vietnam mengejutkan Samurai Biru dengan unggul 2-1, sebelum akhirnya kalah 2-4.

Gelandang Indonesia Ricky Kambuaya mencoba melakukan tendangan pada pertandingan sepak bola Semifinal Piala AFF 2022-2023 antara Indonesia dan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2023). [Pahami.id/Alfian Winanto,]

Philippe Troussier dari Vietnam terkesan dengan kekalahan 4-2 di hari pembukaan dari Jepang, tulis AFC, dikutip Pahami.id, Kamis (18/1/2024).

Sementara itu, Indonesia asuhan Shin Tae Yong juga mengambil sisi positif dari kekalahan 3-1 dari Irak.

Laga bertajuk AFC ini bukan sekadar ajang kompetisi bergengsi antara dua negara ASEAN, namun juga sangat penting karena akan mempengaruhi peluang kedua negara melaju ke babak 16 besar.

Baca juga: Biodata dan Kekayaan Kiesha Alvaro, Anak Tiri Gunawan Dwi Cahyo yang Kini Jadi Tulang Punggung Keluarga

Setelah sama-sama kalah di matchday pertama, kekalahan di match ini membuat peluang kedua negara untuk melangkah lebih jauh semakin tertutup.

“Kekalahan kedua berturut-turut bagi keduanya akan membuat peluang mereka untuk melaju ke babak sistem gugur menjadi sangat kecil, yang berarti ada lebih dari sekedar kebanggaan dalam derby sengit Asia Tenggara ini,” tulis AFC.

Merujuk catatan pertemuannya, Timnas Indonesia dinilai menjadi tim underdog jelang laga ini.

Rekor pertemuan kedua tim memang tak berpihak pada Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Mantan Gelandang MU Justin Hubner Dikantongi Saat Timnas Indonesia Kalah dari Irak

Padahal, terakhir kali Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam adalah pada tahun 2016 lalu, yakni sekitar tujuh tahun lalu.

Gol terakhir yang dicetak Garuda ke gawang Vietnam di level senior juga terjadi cukup lama, yakni pada tahun 2019.