2 Fakta Soal Wasit Malaysia Bisa Pimpin Laga Piala Dunia 2026 – Berita Hiburan

by

Pahami.id – Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) melaporkan bahwa salah satu wasitnya telah terpilih untuk mengikuti kursus calon wasit Piala Dunia 2026 yang akan diadakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko pada 11 Juni hingga 19 Juli 2026.

FIFA aktif mempersiapkan calon wasit agar bisa memimpin pertandingan penting di ajang ini.

Berikut setidaknya dua fakta wasit Malaysia yang bisa memimpin pertandingan Piala Dunia 2026.

1. Mengenal Sosok Muhammad Nazim Nasaruddin

Muhammad Nazim Nasaruddin, wasit berusia 33 tahun asal Malaysia, terpilih mengikuti kursus calon wasit utama Piala Dunia 2026.

Dalam kursus ini, Nazim bersaing dengan wasit lainnya, namun pengalamannya yang luas sejak memulai karirnya pada tahun 2010 dan menjadi wasit FIFA sejak tahun 2016 memberinya keunggulan.

Baca juga: Daftar 5 Negara Kenaikan Ranking FIFA Terbanyak Usai Piala Asia 2023, Ada 1 Negara di Asia Tenggara

Nazim, yang pernah memimpin pertandingan Liga Champions AFC menggunakan Video Assistant Referee (VAR), menjadi wasit Malaysia pertama yang mencapai prestasi tersebut.

Muhammad Nazim Nasaruddin mencatatkan prestasi pertamanya menggunakan VAR pada laga Buriram (Thailand) kontra Zhejiang FC (China) pada 20 September 2023 di Thailand.

2. Memiliki Waktu Penerbangan yang Super Hebat

Wasit asal Malaysia, Muhammad Nazim Nasaruddin, berpeluang memimpin pertandingan Piala Dunia 2026. [Dok. FAM Malaysia]

Pada tahun 2023, Nazmi memimpin enam pertandingan Liga Champions AFC yang menerapkan VAR, bekerja bersama asisten Zairul Khalil Tan dan Mohd Arif Shamil Abd Rasid.

Pada tahun tersebut, ia juga mendapat undangan dari Liga Arab Saudi untuk memimpin pertandingan antara Shabab Al-Ahli melawan Al Wehdat SC pada 15 Agustus 2023.

Dengan lisensi yang dimilikinya, Nazmi berpotensi menjadi calon wasit memimpin pertandingan Piala Dunia 2026. Meski harus bersaing dengan wasit internasional lainnya, peluangnya tetap terbuka.

Baca juga: ‘Saku’ Jordan Henderson, Calon Pemain Timnas Indonesia Thom Haye Akhirnya Dipanggil Belanda?

Wasit yang memimpin pertandingan besar harus memiliki lisensi yang setara, mengikuti peraturan FIFA dan AFC yang mewajibkan lisensi VAR untuk pertandingan teratas.

FAM telah memulai upaya untuk mendapatkan lisensi VAR melalui program pelatihan singkat, dengan dukungan dari Federasi Sepak Bola Arab Saudi.

Nazmi Nasaruddin yang diakui FIFA menjadi wasit Malaysia pertama yang memiliki lisensi VAR setelah memimpin pertandingan di Arab Saudi.

Nazmi memiliki rekam jejak yang baik, termasuk memimpin pertandingan Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan pada Maret 2023.

Baru-baru ini, bersama dua asistennya, Zairul dan Arif, ia juga terpilih memimpin laga Piala Asia 2023 di Qatar.

Dengan kualifikasi tersebut, tak heran jika wasit berusia 33 tahun itu akan menjadi salah satu wakil Malaysia di Piala Dunia 2026.

Kontributor: Imadudin Robani Adam