Asosiasi kata adalah tes umum yang digunakan oleh psikolog di mana peserta merespons kata stimulus dengan kata pertama yang muncul di benaknya. Itu seharusnya mengungkap alam bawah sadar Anda dan mengungkap kedalaman trauma dalam beberapa kasus.
Jadi, misalnya, Anda mungkin mengasosiasikan kuning dengan pisang, minum dengan jus, dan – yang lebih umum – Accrington Stanley dengan ‘siapa mereka?’.
Penggemar sepak bola Inggris telah mengaitkan pertanyaan itu dengan klub utara sejak 1980-an, dengan frasa yang dipopulerkan oleh Soccer AM pada tahun sembilan puluhan. Tapi bagaimana dan kapan Accrington Stanley memantapkan dirinya dalam cerita rakyat sepak bola, dan mengapa ungkapan tersebut menjadi begitu terkenal?
Asal-usul ‘Accrington Stanley? Siapa mereka?’ tanggal kembali ke tahun 1989. Ungkapan ini identik dengan iklan susu di mana dua penggemar muda Liverpool bergegas ke dapur setelah menendang-nendang.
Yang satu meminta limun sementara yang lain membuka lemari es dan mengeluarkan sebotol susu. “Susu? Errgghh!” anak pertama menangis sebelum peminum susu dengan bangga mengklaim: “Itu yang diminum Ian Rush,” dengan aksen Scouse mudanya.
“Dan dia berkata jika saya tidak minum banyak susu saat saya besar nanti, saya hanya akan cukup baik untuk bermain di Accrington Stanley,” tambah anak itu, yang ditanggapi oleh temannya: “ACCRINGTON STANLEY? SIAPA MEREKA?”
“Tepat”.
Dan di sana, di antara jeritan Scouse yang kuat itu, ungkapan terkenal itu lahir.
Iklan itu dibuat pada saat Rush berada di antara striker elit Eropa yang memimpin barisan kekuatan dominan benua itu. Liverpool memenangkan lima gelar liga pada 1980-an dan dua kali mengangkat Piala Eropa pada dekade itu juga.
Dengan demikian, anak-anak dalam iklan – penggemar muda Liverpool – bercita-cita untuk menjadi seperti pahlawan Welsh dan minum susu adalah cara terbaik. Kalau tidak, pakaian non-liga Accrington Stanley yang kurang dikenal adalah alternatifnya.
Namun, sementara iklan tersebut mengolok-olok ‘Owd Reds, iklan dan frasa yang keluar darinya telah lama dipandang positif oleh para penggemar Stanley. Pada 2012, tokoh kriket kultus David Lloyd kata klub mengumpulkan £ 10.000 sebagai hasil dari iklan tersebut.
Kesuksesan Accrington Stanley di lapangan telah diimbangi dengan kenaikan komersialnya sejak reformasi klub pada tahun 1968. Klub harus berkembang melalui kedalaman piramida sepakbola untuk mencapai posisi mereka saat ini.
Stanley saat ini sedang menikmati salah satu perjalanan terpanjang mereka di Piala FA setelah mereka mencapai babak ketiga setelah kemenangan atas Crawley Town dan Barnet. Kemenangan pada Selasa malam dalam pertandingan ulang mereka melawan Boreham Wood dan mereka akan melaju ke babak keempat untuk keempat kalinya dalam sejarah mereka.
Kembali pada 2009/10, klub mengalahkan Salisbury, Barnet dan Gillingham sebelum menjamu tim Liga Premier Fulham di babak keempat. Michael Symes menyamakan kedudukan tuan rumah di babak pertama setelah gol pembuka Erik Nevland, tetapi kartu kuning kedua Darran Kempson tepat sebelum paruh waktu merupakan rintangan yang terlalu besar untuk diatasi Stanley.
Damien Duff dan Zoltan Gera mencetak gol di babak kedua untuk menutup kemenangan 3-1 untuk Cottagers.
Pertandingan Selasa malam adalah pertandingan yang sangat penting bagi Accrington Stanley, bahkan jika itu melawan tim yang bermain dua divisi di bawahnya. Boreham Wood, yang saat ini duduk di urutan ke-12 di Liga Nasional, mencapai putaran kelima Piala FA musim lalu dan berharap menghasilkan lebih banyak keajaiban di tahun 2023.
Kedua belah pihak bermain imbang 1-1 di Meadow Park awal bulan ini saat Lee Ndlovu dari Boreham Wood membatalkan gol pembuka awal Ryan Astley.
Tuan rumah secara mengejutkan diunggulkan dan hadiah mereka, jika mereka mengklaim kemenangan, adalah pertandingan kandang putaran keempat melawan tim Liga Premier Leeds United. Ini adalah pertandingan besar bagi kedua tim, dengan tim tamu ingin menjadi tim non-liga pertama sejak Telford United pada 1985 yang mencapai putaran keempat Piala FA dalam musim berturut-turut.